PENINGKATAN COSTUMER VALUE MELALUI INOVASI KOMODITAS KACANG TANAH SEBAGAI ALTERNATIF PRODUK OLAHAN PANGAN LOKAL (ONCOM PASIREUNGIT) DI KECAMATAN PASEH, SUMEDANG

Zumi Saidah

Abstrak


Produk oncom pasireungit merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Sumedang yang merupakan
produk makanan alternatif yang merupakan hasil fermentasi kacang tanah yang akhirnya menjadi
salah satu produk makanan yang cukup terkenal di Jawa Barat. Mitra IbM pada kegiatan ini adalah
usaha rumah tangga penghasil oncom Ika Jaya (Hendi Suhendi) dan usaha peng-olahan oncom Al-Bany (Siti
Nurfaida). Produk oncom Pasierungit sangat potensial untuk dikembangkan karena produk yang dihasilkan oleh
masing-masing jenis pelaku usaha tidak menghasilkan sisa produk yang terbuang dan hampir semua
komponen hasil produk dapat digunakan untuk berbagai jenis produk olahan oncom. Namun demikian
dalam menjalankan usahanya para pelaku usaha masih mengalami beberapa kendala diantaranya kendala
pemasaran produk terutama yang terkait dengan pengembangan atribut produk untuk pengembangan
usaha-nya di masa yang akan datang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan potensi pasar produk
mitra melalui perbaikan dan edukasi peningkatan pengetahuan dan keterampilan manajemen bisnis
melalui inovasi atribut produk yaitu kemasan, label, dan jaminan produk seperti sertifikat P-IRT dan halal
dalam upaya meningkatkan customer value. Aktivitas pengabdian masyarakat yang dilakukan meliputi
pemberian bantuan peralatan dan perlengkapan usaha untuk kelengkapan usaha, pendampingan manajemen
proses produksi, pengemasan, pelabelan, pemasaran, dan disertai pencatatan keuangan usaha sederhana.
Metode yang digunakan adalah pemberdayaan partisipatif, yang meliputi pelatihan, mentoring, monitoring
dan evaluasi. Hasil yang telah diperoleh mitra melalui rangkaian kegiatan ini adalah: 1) perbaikan
kebersihan dan higienitas lokasi usaha; 2) peralatan dan perlengkapan produksi yang lebih lengkap; 3) perolehan
label jaminan produk melalui P-IRT dan sertifikasi halal; 4) peningkatan kemampuan membuat pencatatan
pembukuan usaha; dan 5) diperolehnya kualitas dan atribut produk yang lebih baik.


Kata Kunci


Oncom Pasireungit, Customer Value, Inovasi Produk

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.