PENAMBAHAN JUMLAH KADER KESEHATAN DAN PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN MENGENAI KANKER PADA WANITA TERUTAMA KANKER PAYUDARA SERTA PELATIHAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DI DESA CINYASAG DAN DESA GIRILAYA KECAMATAN PANAWANGAN KABUPATEN CIAMIS

Gita Indah Triyanti Rukmana

Abstrak


       Kanker serviks dan kanker payudara adalah penyakit mematikan yang umumnya  menyerang wanita di usia 30 tahun  ke atas, namun tidak menutup kemungkinan bagi wanita di bawah usia tersebut terkena juga penyakit ini.  Badan Kesehatan dunia menyatakan kanker merupakan masalah kesehatan yang sangat serius, karena jumlah penderita meningkat sekitar 20% per tahun. Pemahaman tentang kanker pada wanita dewasa dan remaja putri ini sangat penting terutama deteksi dini merupakan factor kunci untuk mencegahnya. Tanda awal kelainan yang terdeteksi dapat mengarah pada diagnosis dan pengobatan yang lebih dini sehingga kematian dapat dicegah.

      Telah dilakukan Penyuluhan pada ibu-ibu PKK, remaja putri dan kader kesehatan mengenai kanker pada wanita, terutama kanker serviks dan kanker payudara serta pelatihan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari), guna peningkatan  pengetahuan pada kader kesehatan dan mendorong ibu-ibu PKK untuk menjadi ujung tombak  penyebaran pengetahuan guna pencegahan sejak dini kanker pada wanita  .Metode pemberian kuisioner pre tes sebelum  dan post tes  setelah  penyuluhan serta pelatihan Sadari  digunakan dalam kesempatan ini, untuk melihat peningkatan pengetahuan peserta.

    Hasil penyuluhan dan pelatihan menunjukkan peningkatan pengetahuan sebanyak 23-97%. Diskusi yang dilakukan tampak peserta akan mengamalkan pola hidup sehat dan melakukan Sadari secara rutin guna pencegahan sejak dini.

 

Kata kunci : Kanker payudara, kanker serviks, Sadari.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2017 Dharmakarya