PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN DENGAN MENERAPKAN KONSEP KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI

Sophia Dwiratna, Asri Widyasanti, Devi M Rahmah

Abstrak


Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Rawa dan Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis dalam mengembangkan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari melalui pemanfaatan lahan pekarangan adalah kurangnya pengetahuan dan pelatihan mengenai penyiapan media tanam dalam pot, penyediaan pupuk organik dan pot atau wadah tanaman dari bahan sekitar. Tujuan dari program  pengabdian masyarakat ini adalah (1) Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, kesadaran serta memotivasi masyarakat khususnya kelompok ibu-ibu rumah tangga dalam pemanfaatan lahan kosong/pekarangan sebagai sumber pangan/ketahanan pangan dan pendapatan keluarga; (2) Menerapkan beberapa teknik sederhana penanaman lahan pekarangan dan pemeliharaannya yang dapat diimplementasikan secara mudah oleh masyarakat.

Metode  kegiatan  yang  dilakukan  adalah  penyuluhan,  diskusi  dan demonstrasi  praktek  langsung  di  lapangan  yang  didasari  oleh evaluasi  awal  sebagai  landasan untuk menentukan posisi pengetahuan kelompok sasaran mengenai pemanfaatan lahan pekarangan melalui penerapan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari.

Dari hasil kegiatan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa : (1) Pada dasarnya warga masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga di Desa Rawa dan Desa Lumbungsari telah menerapkan pemanfaatan lahan pekarangan, sehingga kegiatan pengabdian difokuskan pada peningkatan ketrampilan ibu-ibu dalam menyiapkan media tanam untuk budidaya sayuran dalam pot, serta pemanfaatan bahan-bahan sekitar untuk pembuatan pot/wadah dan pupuk organik cair; (2) Kegiatan pengabdian ini dapat menambah pengetahuan warga tentang pentingnya pemanfaatan lahan pekarangan melalui penerapan konsep rumah pangan lestari untuk mendukung ketahanan pangan keluarga.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPTP Sulawesi Selatan. 2012. Inovasi Terkini Budidaya Sayuran Di Pekarangan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian. Jakarta Selatan

Dwiratna, Sophia, dkk. 2012. Pembuatan Mikro Organisme Lokal (Mol) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Petani Di Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Laporan Akhir Program Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran. Bandung

Kementerian Pertanian; SIKIP. 2012. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari. Kementerian Pertanian. Jakarta

Mardharini, Maesti; Kariyasa, Ketut; Zakiah; Dalmadi; Susakti, Agung. 2011. Petunjuk Pelaksanaan Pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Badan Litbang Pertanian. Kementerian Pertanian. JakartaWarnita, dkk. 2008. Penyuluhan Dan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sempit Dengan Teknologi Hidroponik Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Warta Pengabdian Andalas Volume XIV, Nomor 21 Desember 2008. Lampung.

Setyaningrum, Hesti Dwi, Saparinto, Cahyo. 2011. Panen Sayuran Secara Rutin di Lahan Sempit. Penebar Swadaya. Jakarta.

Soeleman, Soeparwan; Rahayu, Donor. 2013. Halaman Organik. Agromedia. Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.