TINGKAH LAKU PREHENSI DAN MASTIKASI KUDA BETINA DEWASA PADA SAAT DI KANDANGKAN (Studi Kasus di Detasemen Kavaleri Berkuda Pusat Kesenjataan TNI – AD Parongpong, Bandung, Jawa Barat)

Muhammad Adirahman C

Abstrak


Penelitian mengenai tingkah laku prehensi dan mastikasi kuda betina dewasa yang di

kandangkan  di  Denkavkud  telah  dilaksanakan  pada  tanggal  20  November  hingga  22

November 2016 di Parongpong, Bandung, Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak frekuensi prehensi dan mastikasi pada kuda betina dewasa yang dikandangkan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif catatan langsung di lapangan untuk memperhatikan tingkah laku kuda tersebut selama 3 hari. Hasil penelitian selama 3 hari menunjukan rataan frekuensi prehensi kuda betina dewasa yang dikandangkan untuk pemberian hijauan sebesar 117,54 kali/ekor/hari dan 68,89 kali/ekor/hari untuk pemberian konsentrat,   serta rataan frekuensi mastikasi untuk pemberian rumput sebanyak

3055,57 kali/ekor/hari dan 923,56 kali/ekor/hari untuk pemberian konsentrat. Frekuensi prehensi dan mastikasi tertinggi baik itu untuk pemberian hijauan maupun konsentrat didapatkan pada saat pemberian pakan di pagi hari.

 

Kata Kunci : kuda betina, tingkah laku, prehensi, mastikasi.


Teks Lengkap:

PDF



Dimension Citation Metrics Badge

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.