2017

Vol 2, No 1 (2017)

Pada Edisi ini, Jurnal Administrasi Negara banyak memaparkan variasi dari berbagai macam tema tulisan, di antaranya tentang tema besar sumberdaya manusia para aparat sipil Negara yang memang hingga kini dirasa masih belum mencapai taraf efektif dan efisien dari segi kinerjanya. Di samping itu, kami melihat beberapa tema yang terkait wilayah Bandung dan sekitarnya selalu menjadi tema menarik untuk dibahas. Di antaranya adalah kualitas pelayanan perpustakaan dan kearsipan daerah, serta implementasi kebijakan penataan kaki lima. Selain itu, sertifikasi guru-pun masih menjadi isu yang menarik untuk dibahas di sini di samping isu pencemaran dan limbah industri yang sulit untuk menemukan solusinya.

Selain di wilayah Bandung dan sekitarnya, bergeser ke wilayah Kabupatan Garut di mana isu yang diangkat adalah tentang penanganan gelandangan di Kabupatan Garut, dan demikian pula tetangganya yaitu Kabupaten Ciamis-pun memiliki topik bahasan yang menarik untuk dibahas yaitu tentang destinasi wisata di Kabupaten Ciamis.

Akhir kata, kami mengucapkan selamat membaca tulisan edisi ini. Terima kasih.


2016

Vol 1, No 2 (2016): PENGENDALIAN PENGGUNAAN AIR DI KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG OLEH PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG

Air merupakan sumber daya penting bagi seluruh aspek kehidupan, baik hewan, tumbuhan, maupun manusia karena air sangat berperan aktif dalam memenuhi segala kebutuhan dasar makhluk hidup. Pada dasarnya air adalah kebutuhan esensi untuk semua aktifitas manusia mulai dari air minum, pertanian, energi, pengembangan industri sampai pada virtual water atau pemanfaatan tak langsung (Robert J Kodoatie dan Roestam Sjarief,

2010). Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 1974 tentang Pengairan, air adalah semua air yang terdapat di dalam dan atau berasal dari sumber-sumber air, baik yang terdapat di atas maupun di bawah permukaan tanah, tidak termasuk dalam pengertian ini air yang terdapat dilaut.


1 - 2 of 2 Item