Metode Back Propagation pada Jaringan Syaraf Tiruan Digunakan untuk Penilaian Kemampuan Bertahan pada Bayi dengan Berat Lahir Rendah

akik hidayat, Juli Rejito, Sandy P. Kusuma

Abstrak


Bayi berat lahir rendah akan mengalami banyak masalah karena belum siapnya hidup diluar kandungan. Hal tersebut  menyebabkan angka kesakitan dan angka kematian pada bayi meningkat. Data mining dapat digunakan untuk mengetahui penilaian kemampuan bertahan lebih dini pada bayi berat lahir rendah. Jaringan syaraf tiruan backpropagation sebagai teknik dari data mining dapat digunakan untuk menganalisis data sehingga dapat memprediksi kemampuan bertahan pada bayi berat lahir rendah. Pada paper ini dibangun suatu sistem berbasis jaringan syaraf tiruan backpropagation untuk menilai tinggi atau rendahnya kemampuan bertahan pada bayi berat lahir rendah. Dari sistem yang dibuat memiliki tingkat keakuratan untuk menilai kemampuan bertahan bayi berat lahir rendah sebesar 83,33%.

Kata Kunci


Bayi berat lahir rendah; Data mining; Jaringan syaraf tiruan

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jin.v1i1.10995

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Pengunjung : website statistics

Creative Commons License


Jurnal Informatika Univeristas Padjadjaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.