PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN REFERENSI DI UPT PERPUSTAKAAN UNPAD

Mulyani Mulyani, Rohanda Rohanda

Abstract


In this study, the authors wanted to determine and analyze the students' perceptions about the quality of service in the reference section UPT Padjadjaran, namely: Tengible element 'Physical', Realibility 'reliability', Responsive 'Response', Assurance 'Guarantee', and Empathy 'attention.' Meanwhile, the method used is exploratory, descriptive, and qualitative. The results showed that the hypothesis of the authors about the quality of service at the Library Unit Padjadjaran reference services there are still weaknesses evident. There are two drawbacks perceived by respondents as the visitors, namely: less complete collection and not humourist librarians in service to the visitors. It is expected to be input for the librarians at Padjadjaran University Library Unit that needs to be improved so that the quality of services librarians increased interest in reading them because they feel "comfortable" being in this reference section.


Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui dan menganalisis persepsi mahasiswa tentang kualitas pelayanan di bagian referensi UPT Unpad, yaitu: unsur Tengible  ‘Fisik’, Realibility ‘Kehandalan’, Responsive ‘Daya Tanggap’, Assurance ‘Jaminan’, dan Emphaty ‘Perhatian.’ Adapun, metode yang digunakan adalah eksploratif, deskriptif, dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penulis tentang kualitas pelayanan di bagian pelayanan referensi UPT Perpustakaan Unpad masih terdapat kelemahan terbukti. Ada dua kelemahan yang dipersepsikan oleh responden sebagai pemustaka, yaitu: kekuranglengkapan koleksi dan kekuranghumoran pustakawan dalam pelayanan terhadap pemustaka. Hal ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para pustakawan di UPT Perpustakaan Unpad  bahwa perlu ditingkatkan kualitas pelayanan para pustakawan sehingga minat baca mereka meningkat karena merasa “nyaman” berada di bagian referensi ini.



Keywords


Persepsi mahasiswa, Kualitas Layanan, Perpustakaan Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (1999). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

-------. (2006). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Erwina, Wina.dkk. (2012). Laporan Akhir” Pemetaan Budaya Baca Masyarakat Jawa Barat di 4 Wilayah 6 Kabupaten/Kota. Bandung: Pererintah Daetah Provinsi Jawa Barat, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.

Hadi, Sutrisno. (2008). Metodologi Reasearch. Jogjakarta: Andi Offset. http://itmamblog.blogspot.com/2011/05/persepsi-pemustaka-terhadap-kemampuan.html.

Laurence, Neuman W. (2000). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Boston: Allyn and Bacon.

Lutfiati, Makarim. (1997). Perilaku informasi perempuan Peneliti Bidang Ilmu-ilmu Sosial: Pola Hambatan dan Kemudahanya. Depok : Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Setuprini. dkk. (2012). Tracer Study: Kajian Relevansi Kemampuan Penguasaan Bahasa Asing dan Teknologi Informasi Lulusan Program Studi Akuntansi FE UNY Tahun 2004-2011 dengan Kebutuhan User. Yogyakarta: Program Studi Akuntansi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R & B, Bandung, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandar. (2007). Service, Quality, &Satisfaction. Edisi 2.Yogyakarta: Andi.

Utami, Hariyadi. (2006). “Effective Communication Assertive Librarian. Pelatihan Pustakawan.” Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v3i1.10275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:

 

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi d.h. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62 813-1323-7581 (Chat Only)

Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id

 



Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan supervised by: