PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) BAGI ANAK-ANAK USIA DINI
Abstract
Kegiatan ini mengkaji tentang Peran Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Bagi Anak-Anak Usia Dini Di Desa Narawita Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Dengan Metode atau Teknik Participatory Rural Appraisal dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, Focus Group Discussion, dan studi pustaka kegiatan ini bertujuan mengetahui peran taman bancaan masyarakat teutama mengenai tugas dan fungsi taman bacaan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan belajar pada anak usia dini. Hasil kajian menunjukkan bahwa taman bacaan masyarakat yang ada di lingkungan desa Narawita berperan sebagai sumber belajar anak-anak usia dini, sumber informasi bagi para orang tua dalam membina anak usia dini, dan sarana rekreasi-edukasi bagi masyrakat. Dengan demikian taman bacaan masyarakat dapat berperan sebagai sarana belajar baik bagi anak-anak usia dini maupun para orang tua anak-anak- terutama ibu rumah tangga muda dalam memperluas pengetahuan mereka
Abstract
This activity examines the role of the Community Library (TBM) For Early Childhood In the village NarawitaCicalengka District of Bandung regency. Method or Participatory Rural Appraisal Techniques and data collection through interviews, observation, focus group discussions, and literature study aims to determine the role of these activities bancaan community garden teutama on the tasks and functions of public reading in improving learning skills in early childhood. The results show that the public reading in a village environment Narawita serve as a source of learning early age children, resources for parents in fostering early childhood-education and recreational facilities for the community. Thus the public reading can serve as a learning tool for both kids an early age and the parents children-especially young housewife in expanding their knowledge.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Masyarakat. Bandung: Studio Driya Media. Yusup, Pawit M. (2010). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta, Bumi Aksara.
Brophy, Peter. The Academic Library. 2nd ed. London: Facet Publishing. 2005.
Cohen,Laura dan Jacobson, Trudi E.“Evaluation Web Content”. University Library of Universi Albany. http://library.albany.edu/usered/eval/evalweb/ . 25 Juni 2013
Creswell, John W. and Vicki L. Plano Clark. Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: Sage Publications. 2007.
Cronin, Blaise and Elisabeth Davenport. Elements of Information Management. London: The Scarecrow Press. 1991.
Djohani, Rianingsih (2003). Partisipasi, Pemberdayaan, dan Demokratisasi Komunitas: Reposisi Participatory Rural Appraisal (PRA) dalam Program Pengembangan
Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (http://www.icann.org). 27 Juni 2013
Masyarakat. Bandung: Studio Driya Media. Yusup, Pawit M. (2010). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta, Bumi Aksara.
Pantry, Sheila and Peter Griffiths. Setting up a library and information service from scratch. London: Facet Publishing. 2005.
Pendit, Putu Laxman. Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Sebuah Pengantar Diskusi Epistemologi dan Metodologi. Jakarta: JIP-FSUI. 2003.
Pandia, Top 5 Semantic Search Engines, http://www.pandia.com/ sew/1262-top-5-semantic-search-engines.html
Pendit, Putu Laxman. Apa Yang Selama Ini Dikaji Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Makalah Sebagai Bahan Diskusi Dengan Pengajar Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fikom Unpad Bandung. 2009.
Sulistyo-Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia. 1993.
Wallace, Danny P. and Connie Van Fleet. Library Evaluation: a casebook and can-do guide. Colorado: Libraries Unlimited. 2001.
Pandia, Top 5 Semantic Search Engines, http://www.pandia.com/sew/1262-top-5-semantic-search-engines.html , 28 Juni 2010
UC Berkeley Library. “Evaluating Web Pages: Techniques to Apply & Questions to Ask”. UC Berkeley - Teaching Library Internet Workshops. http://www.lib.berkeley.edu/TeachingLib/Guides/Internet/Evaluate.html . 29 Juni 2010
University of Maryland University College- Library.“Search the Web & Evaluate Web Resources”. INFORMATION AND LIBRARY SERVICES. http://www.umuc.edu/library/guides/web.shtml 29 Juni 2010
Yusup, Pawit M. (2011). Teori dan Praktik Komunikasi Instruksional. Jakarta, Bumi Aksara.
Yusup, Pawit M.; Silvana Rachmawati; Subekti, Priyo (2013). Memetakan jenis kebutuhan utama orang prasejahtera pedesaan dan variasi informasi yang dicarinya. Laporan Hasil Penelitian PUPT. LPPM Unpad.
Yusup, Pawit M. Dan Priyo Subekti (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi.
Jakarta, Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.10821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi d.h. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62 813-1323-7581 (Chat Only)
Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan supervised by: