PRAKTIK LITERASI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEPANJANG HAYAT (INFORMATION LITERACY PRACTICES IN THE PROCESS OF LIFELONG LEARNING)

Pawit Muhammad Yusup, Encang Saepudin

Abstract


Dalam perkembangan sekarang, konsep literasi tidak lagi hanya dikaitkan dengan informasi dan media, namun sudah disentuhkan ke dalam aspek-aspek tertentu kehidupan manusia secara lebih spesifik. Dalam konteks penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, misalnya, literasi dilekatkan dengan kemampuan orang untuk menggunakan perangkat komputer baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Sekarang, literasi sudah menyentuh banyak sekali aspek kehidupan manusia. Penelitian ini mengkaji literasi yang dilekatkan pada proses pembelajaran sepanjang hayat. Dengan menggunakan metode kualitatif yang dilengkapi dengan observasi dan wawancara terhadap 15 orang informan dari kalangan pemuda pedesaan di Jawa Barat bagian Selatan, diperoleh gambaran bahwa, literasi bukan sebuah karakteristik manusia sejak lahir, namun lebih merupakan sebagai kemampuan yang bisa dipelajari, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Literasi bahkan dilekatkan sebagai kemampuan seseorang dalam berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungannya, dengan budayanya, dengan bisnisnya, dengan politiknya, dengan kehidupannya, dengan penghidupannya.


Keywords


Literasi informasi. Literasi media. Literasi kehidupa

Full Text:

PDF

References


Buckland, Michael, (1998). Preprint of article published in Document Numérique (Paris) 2, no. 2 (1998): 221-230. Journal of the American Society for Information Science 48, no. 9 (Sept 1997): 804-809, reprinted in Hahn, T. B. & M. Buckland, eds. Historical Studies in Information Science. Medford, NJ: Information Today, 1998, pp. 215-220.

Buckland, Mickael (2001). What is a "digital document"? Journal of the American Society for Information Science.

Considine, David. 1995 Issue of Telemedium, The Journal of Media Literacy, Volume 41, Number 2).

Markauskaite, L., (2006). "Towards an integrated analytical framework of information and communications technology literacy: from intended to implemented and achieved dimensions" Information Research, 11(3) paper 252 [Available at http://InformationR.net/ir/11-3/paper252.html].

Microsoft® Encarta Encyclopedia® 2006). Microsoft Encarta Encyclopedia. Microsoft Corporation.

Tilley, C.M., Bruce, C.S., Hallam, G. & Hills, A.P., (2006). "A model for the development of virtual communities for people with long-term, severe physical disabilities" Information Research, 11(3) paper 253 [Available at http://InformationR.net/ir/11-3/paper253.html].

Undang-undang Republik Indonesia nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, termasuk penjelasannya.

Webopedia, (2006). Internet.com. Copyright 2006 Jupitermedia Corporation).

Yusup, Pawit M., (1988). Pedoman Mencari Sumber Informasi, Remadja Karya, Bandung.

Yusup, Pawit M., (2010). Teori dan Praktek Komunikasi Instruksional. Bumi Aksara, Jakarta. ISBN. 979-010-572-X.

Yusup, Pawit M.; dan Komariah, Neneng (2014). Health Information Seeking And Use Among Rural Poor Families In West Java, Indonesia. Brazilian Journal of Information Science: Research Trends: Vol 8, No 1/2 (2014). Link: http://www2.marilia.unesp.br/revistas/index.php/bjis/issue/view/289.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.11387

DOI (PDF): https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.11387.g6030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:

 

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62817225082 (Chat Only)

Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id

 


Creative Commons License
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License