PEMANFAATAN “TWITTER TMCPOLDAMETRO” DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PARA PENGGUNA JALAN RAYA
Abstract
This research is about how the utilization of “twitter TMCPoldaMetro” in satisfy information need of the users of the higway.The purpose of this research is to know the extent of utilization of “twitter TMC Polda Metro” in meet information need of the new approach, the approach needs regular information, in-depth information needs approach, and the approach to information needs at a glance the user of the highway. This reaserach method used is descriptive method intended to describe or expose variables that become the object of his research. Technic to collect data done with question form, interviews, and study literature. Population in this research are the follower “twitter TMCPoldaMetro” and technic to take sampel used accidental sampling to anyone around Polda Metro. Based on the reaserach results that using “twitter TMCPoldaMetro” enough to satisfy new information needs, daily information needs approach, to deep information needs approach, and information needs approach of the users of the higway approach.
Penelitian ini adalah mengenai bagaimana pemanfaatan “twitter TMCPolda Metro” dalam memenuhi kebutuhan informasi para pengguna jalan raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan “twitter TMCPoldaMetro” dalam memenuhi pendekatan kebutuhan informasi mutkahir, pendekatan kebutuhan informasi rutin, pendekatan kebutuhan informasi mendalam, dan pendekatan kebutuhan informasi sekilas para pengguna jalan raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan atau memaparkan variabel–variabel yang menjadi objek penelitiannya. Teknik pengambilan datanya dilakukan melalui angket, wawancara, dan studi pustaka. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah follower “twitter TMCPoldaMetro” dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik accidental sampling yaitu mengambil sampel siapa saja yang ada atau yang kebetulan ditemui. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan memanfaatkan “twitter TMCPoldaMetro” cukup memenuhi pendekatan kebutuhan informasi mutakhir, pendekatan kebutuhan informasi rutin, pendekatan kebutuhan informasi mendalam, dan pendekatan kebutuhan informasi sekilas para pengguna jalan raya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Guha. (1978). Documentation and Information. Calcutta: The World Press Private Limited
Handoko, M. (1992). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius
Laquey, T. (1997). Sahabat Internet Pedoman bagi Pemula untuk Memasuki Jaringan Global. Bandung: Penerbit ITB
Rakhmat, J. (1999). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Rakhmat, J. (2005). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Syimen. (2012). Pengertian twitter. Retrieved March 2012, from Pengertian twitter: http://www.syimen.com/twitter/pengertian- twitter
Yusup, P. M. (1995). Pedoman Praktis Mencari Informasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Zorkoczy, P. (1988). Teknologi Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11625
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi d.h. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62 813-1323-7581 (Chat Only)
Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan supervised by: