Pengaruh ISO 9001: 2015, motivasi, dan kompetensi terhadap kinerja pustakawan di Perpustakaan Universitas Hasanuddin
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S., & Sutanto, T. E. (2015). Statistika tanpa stress. Jakarta: TransMedia Pustaka.
Alfatih, M. I., & Wijayanti, L. (2018). Leadership in the public library: Case study in tenteram city public library. Record and Library Journal, 3(1), 50–62. https://doi.org/10.20473/rlj.V3-I1.2017.50-62
Asmad, C. C., & Mathar, T. (2015). Peran pustakawan dalam meningkatkan kinerja perpustakaan: Studi kasus di Perpustakaan MAN I Makassar). Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 3(2), 101–111. https://doi.org/10.24252/kah.v3i2a1
Astuti, D., & Ati, S. (2015). Pengaruh implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 terhadap peningkatan kualitas layanan di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. Ilmu Perpustakaan, 4(3), 31–40. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9722/9444
Azmar, N. J. (2015). Peran pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan di perpustakaan. Jurnal Iqra, 9(2), 223–224. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/119/227
Daft, R. L. (2012). Era baru manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Diyah, K., & Permana, A. (2012). Pengaruh kompetensi pustakawan terhadap kinerja perpustakaan di UPT Perpustakan Universitas Negeri Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/28/36
Fatma, R., Damayani, N. A., & Rusmana, A. (2016). Kegiatan sanggar sastra Rumah Puisi Taufiq Ismail dalam mendukung perilaku menulis. Kajian Informasi & Perpustakaan, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11630
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.
Handayani, R. D. (2015). Pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya (Skripsi) (Universitas Airlangga, Surabaya). Retrieved from http://repository.unair.ac.id/17697/
Hs, L. (2009). Kamus kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book.
Husna, J. (2018). Pengaruh perilaku asertif pustakawan dalam keberhasilan program liaison librarian di perpustakaan. Anuva, 2(4), 437–449. https://doi.org/10.14710/anuva.2.4.437-449
Indrasari, A. (2013). Penggunaan libqual + tm dalam evaluasi kualitas pelayanan Perpustakaan Universitas Setia Budi. Teknik Industri, 2(2), 117–124. Retrieved from http://ti.universitassuryadarma.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/JURNAL-TI-VOL.-2-no.-2-November-2013-117-124.pdf
Irsyada, B. D., & Edwar, M. (2013). Pengaruh aspek sumberdaya manusia dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di SMKN 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(3), 1–18. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/4032/6551
Jamaluddin. (2015). Pengaruh kelelahan kerja dan kecerdasan emosional terhadap kinerja Pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Jupiter, 14(1), 42–51. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/28/26
Kardi, K. (2016). Development of library systems management (delsma): Program benchmarking untuk peningkatan mutu perpustakaan perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI). Libraria: Jurnal Perpustakaan, 4(1), 181–206. https://doi.org/10.21043/libraria.v4i1.1242
Levine, D., & Michael, T. (2010). Quality management and job quality: How the ISO 9001 standard management systems affect employees and employers. Management Science, 56(6), 978–996. https://doi.org/10.1287/mnsc.1100.1159
Mayora, H., & Nelisa, M. (2013). Strategi peningkatan pemanfaatan perpustakaan di Perpustakaan Khusus Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 380–388. https://doi.org/10.24036/2346-0934
Muhammad, I. N., Komariah, N., & Kurniasih, N. (2019). Tindakan vandalisme di Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 81–94. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.17757
Nashihuddin, W., & Aulianto, D. R. (2015). Strategi peningkatan kompetensi dan profesionalisme pustakawan di perpustakaan khusus (Strategy for improving competence and professionalism of librarian in special library). Perpustakaan Pertanian, 24(2), 51–58. Retrieved from http://repository.pertanian.go.id/bitstream/handle/123456789/2213/STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN KHUSUS.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Nurjannah. (2016). Kompetensi pustakawan di era informasi global: Apa dan bagaimana? Libraria, 5(1), 1–17. Retrieved from https://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/16/12
Octaviani, N. P. N. (2015). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pustakawan di Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali tahun 2015. Jurnal Ilmiah D3 Perpustakaan, 1(1), 1–11. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/d3perpus/article/download/14361/9870
Pamungkas, L. D., Setyowati, E., & H. (2015). Pengaruh kompetensi pustakawan terhadap prestasi kerja: Studi pada Perpustakaan Universitas Brawijaya. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(5), 739–744. Retrieved from http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/search/advancedResults
Rahmawaty, P. (2014). Dampak penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2000 terhadap kinerja organisasi: Studi kasus pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved February 20, 2019, from http://staff.uny.ac.id/ website: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Penny Rahmawaty, M.Si./Artikel Dampak Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001.pdf
Risparyanto, A. (2017). Pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kualitas layanan pustakawan. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.22146/bip.26202
Sampe, M. S. (2014). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja Pustakawan Universitas Hasanuddin. Jupiter, 13(2), 22–25. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/1643/931
Sindhuwinata, O. E., & F. (2016). Perancangan SMM ISO 9001:2015: Studi kasus. Jurnal Titra, 4(2), 183–190. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-industri/article/view/4590/4207
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, E. (2012). Pengaruh penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Sedayu Bantul (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Yogyakarta.
Suwarno, W. (2016). Mengembangkan SDM perpustakaan dalam rangka menuju world class university. Libraria, 4(1), 105–126. https://doi.org/10.21043/libraria.v4i1.1241
Umiyati. (2015). Pengaruh sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 dan partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial. Etikonomi: Jurnal Ekonomi, 14(1), 87–112. https://doi.org/10.15408/etk.v14i1.2265
DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v7i2.21344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi d.h. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62 813-1323-7581 (Chat Only)
Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan supervised by: