Urgency of digitizing school libraries in Indonesia’s post-truth era: A cross-perspective review
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII). (2022). Insight: Gudang data. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII). https://apjii.or.id/gudang-data/hasil-survei
Bello, S. (2013). Automation and digitization of primary/post primary school libraries as an impetus for effective teaching and learning. Journal of Educational and Social Research, 3(10), 79–88. https://doi.org/10.5901/jesr.2013.v3n10p79
Fadhli, R. (2021). Implementasi kompetensi pembelajaran sepanjang hayat melalui program literasi di perpustakaan sekolah. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 19–38. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.27000
Fatmawati, E. (2019). Tantangan literasi informasi bagi generasi muda pada era post-truth. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 28(2), 57–66. https://doi.org/10.21082/jpp.v28n2.2019.p57-66
Goggin, G. (2015). Communication rights and disability online: Policy and technology after the World Summit on the Information Society. Information, Communication & Society, 18(3), 327-341. https://doi.org/10.1080/1369118X.2014.989879
Hartono. (2017). Strategi pengembangan perpustakaan digital dalam membangun aksesibilitas informasi: Sebuah kajian teoritis pada perpustakaan perguruan tinggi islam di Indonesia. Unilib: Jurnal Perpustakaan, 8(1), 75–91. https://doi.org/10.20885/unilib.vol8.iss1.art7
Kertamuda, M. A. (2015). Golden age—strategi sukses membentuk karakter emas pada anak. Elex Media Komputindo.
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), 11–21. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233
Leary-Owhin, M. E., & McCarthy, J. P. (2019). The Routledge handbook of Henri Lefebvre, the city and urban society. Routledge.
Middleton, S. (2013). Henri Lefebvre and education: Space, history, theory. Routledge.
Nashihuddin, W. (2021). Strategi kemas ulang informasi untuk peningkatan pelayanan perpustakaan di era new normal. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 59–78. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.28767
Nugraha, F. T., Yuliarso, H., & H. (2018). Penerapan konsep edu-social space pada perancangan Perpustakaan Umum Provinsi Lampung di Kota Bandar Lampung. Senthong: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur, 1(2), 263–272. https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/article/view/736/404
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, Pub. L. No. 1 November 2007. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 129. Jakarta (2007). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39968/uu-no-43-tahun-2007.
Putra, P., & Oktaria, R. (2020). Urgensi mengembangkan literasi informasi dan literasi budaya pada anak usia dini. JIIP: Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 2(2), 134–146. https://doi.org/10.23960/jiip.v2i2.21818
Rachmawati, T. S. & Agustine, M. (2021). Keterampilan literasi informasi sebagai upaya pencegahan hoaks mengenai informasi kesehatan di media sosial. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 99–114. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.28650
Raihana. (2018). Urgensi sekolah Paud untuk tumbuh kembang anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2251
Ruslan. (2017). Urgensi pengembangan perpustakaan madrasah berbasis elektronik di Kotamadya Banda Aceh. LIBRIA, 8(2), 179–196. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1210/905
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–144. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Trianggoro, C., Tupan, Djaenudin, M., Widuri, N. R., & Rahayu, R. N. (2021). Pengembangan repositori data pada lembaga riset dengan status Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 1. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.26733
Uce, L. (2015). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1322
Ukpanah, M. E., Ebong, M. D., & Enang, U. U. (2018). Awareness and digitization of school library resources in Akwa Ibom State, Nigeria. Journal of Library and Information Sciences, 6(1), 37–43. https://doi.org/10.15640/jlis.v6n1a6
DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v10i2.35702
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Author(s)
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi d.h. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62 813-1323-7581 (Chat Only)
Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan supervised by: