http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/
PENGEMBANGAN MODUL PUBLIC USERS PADA SISTEM INFORMASI KEARSIPAN AKADEMIK ELEKTRONIK (Studi Action Research Pengembangan Modul Public Users Pada Sistem Informasi Kearsipan Akademik Elektronik (SiAMEL) Di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran) | Kusnandar | Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan

PENGEMBANGAN MODUL PUBLIC USERS PADA SISTEM INFORMASI KEARSIPAN AKADEMIK ELEKTRONIK (Studi Action Research Pengembangan Modul Public Users Pada Sistem Informasi Kearsipan Akademik Elektronik (SiAMEL) Di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran)

Kusnandar Kusnandar, Pawit M Yusup

Abstract


This research aims to know the needs of student information which can be met from SiAMEL. This research also aims to develop the database, and display the output from the application of the Public Users on SiAMEL module. The method used in this study is Action Research. Data collection techniques by way of observation, interview, note the field and study the literature. This research has resulted in the development of SiAMEL that can meet the needs of student information as Public Users among others: Data Lecturer, Data institution/ Institutions for MORNING, data proposed problem, as well as data about the schedule. Through this research has been done on the conversion some tables that are adjusted with the needs of the Public Users SiAMEL. In addition, page view early SiAMEL become open to public Users and changes to the navigation buttons (menu) SiAMEL. Some of the output SiAMEL changed some details that adjusted with the status of access authority SiAMEL, whether as administrator or as a Public Users.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan informasi mahasiswa yang dapat dipenuhi dari SiAMEL. Selain itu juga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan database, tampilan serta output dari aplikasi Modul Public Users pada SiAMEL. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Action Research. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan, serta studi literatur. Penelitian ini telah menghasilkan pengembangan SiAMEL yang dapat memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa sebagai Public Users antara lain: Data Dosen, Data Instansi/ Lembaga untuk PKL,  data Usulan Masalah, serta data tentang Jadwal Sidang. Melalui penelitian ini telah dilakukan pengubahan pada beberapa tabel yang disesuaikan dengan kebutuhan Public Users SiAMEL. Selain itu, tampilan halaman awal SiAMEL menjadi terbuka untuk Public Users serta perubahan pada navigasi (menu) SiAMEL. Beberapa output SiAMEL diubah beberapa detail yang disesuaikan dengan status otoritas akses SiAMEL, apakah sebagai Administrator atau sebagai Public Users.


Keywords


Modul Public Users, Sistem Informasi Kearsipan, aplikasi SiAmel

Full Text:

PDF

References


Amsyah, Zulkifli. (2001). Manajemen Kearsipan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Johnson, Mina M. dan Kallaus, Norman F. (1982). Records Management. Cincinnati, Ohio: South-Western Publishing.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. Undang-undang No. 7 Tahun 1971 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kearsipan.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2006 tentang Tata Kearsipan di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.

Baskerville, Richard L. (1999). Investigating Information Systems with Action Research. Communications of the Association for Information Systems 2(19). Diakses dari: http://cis.gsu.edu/~rbaskerv/CAIS_2_19/cais_2_19.pdfDiakses tanggal: 12-11-2011.

Government of Alberta. (2005). Naming Conventions for Electronic Documents. Alberta, Canada: Information Management, Branch Government and Program Support Services Alberta Government Services. Diakses dari: https://www.rimp.gov.ab.ca/publications/pdf/documentnamingconventions.pdf. Diakses tanggal: 30-03-2012.

Krishnaveni, R. dan Meenakumari, J. (2010). Usage of ICT for Information Administration in Higher education Institutions – A study. International Journal of Environmental Science and Development, Vol. 1, No. 3, August 2010. Diakses dari: http://www.ijesd.org/papers/55-D461.pdf. Diakses tanggal: 10-04-2012.

State Records Department of General Service State of California. (2002). Electronic Records Management Handbook. Sacramento, California: California Records and Information Management (Calrim). Diakses dari: http://www.documents.dgs.ca.gov/osp/recs/ermhbkall.pdf. Diakses tanggal: 04-04-2012.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v3i1.9351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:

 

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi d.h. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62 813-1323-7581 (Chat Only)

Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id

 



Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan supervised by:

http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/
http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/