PELUANG DAN TANTANGAN PENERAPAN OTOMASI PERPUSTAKAAN DI INDONESIA

Rhoni Rodin

Abstract


This paper examines the how the opportunities and challenges in implementing technology and information in the Library. Because the library inevitably have to address the progress of time like the present. Therefore, libraries must be able to perform the duties and functions very well. To that should be supported by the use of the latest information technology applications. It is necessary to remember the times and needs of the community. In the application of automation systems is indeed a lot of them run the risk of shortage of skilled human resources in the field of information technology, changing patterns of organization, and the impact on staff and ultimately less accept a new system that will be / have been applied.


Tulisan ini mengkaji mengenai bagaimana peluang dan dan tantangan dalam menerapkan teknologi dan informasi di Perpustakaan. Sebab mau tak mau perpustakaan harus menyikapi kemajuan zaman seperti sekarang ini. Oleh karena itu, perpustakaan haruslah mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Untuk itu perlu didukung dengan pemanfaatan aplikasi teknologi informasi terkini. Hal ini perlu mengingat perkembangan zaman dan tingkat kebutuhan masyarakat. Dalam penerapan sistem otomasi ini memang banyak mengalami resiko diantaranya kekurangan sumber daya manusia yang handal di bidang teknologi informasi, perubahan pola organisasi, dan dampak pada staf yang pada akhirnya kurang menerima sistem baru yang akan/telah diterapkan.


Keywords


Otomasi, Perpustakaan, Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


Aqili, Seyed Vahid dan Alireza Isfandyari Moghaddam. 2008. Bridging the Digital Devide: The Role of Librarians and Information Professionals in Third Millennium. The Electronic Library 20, 2: 226-237.

Arwendri. 2009. Strategi Membangun Otomasi Perpustakaan untuk Mendukung kualitas Pendidikan di era Teknologi Informasi. Makalah yang disampaikan pada Seminar Nasional Kebijakan Pengembangan Pendidikan Menghadapi Era Globalisasi dalam rangka Dies Natalis Universitas Lancang Kuning XXVII pada hari Jum’at 05 Juni 2009.

Basuki, Sulistyo. 1994. Periodesasi Perpustakaan Indonesia, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Blasius Sudarsono. 2006. Antologi Kepustakawanan Indonesia, Jakarta: Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia.

Republik Indonesia. 2007. Undang-undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Rubin, Richard E. 2004. Foundations of Library and Information Science 2nd edition, New York: Neal-Schuman Publisher.

Saleh, Abdul Rahman, 2006. Strategi Penerapan Teknologi Informasi (Digital Library) di Perpustakaan dan Pusat Informasi, Bogor: Buletin Perpustakaan dan Informasi.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v1i1.9613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan



 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:

 

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi d.h. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62 813-1323-7581 (Chat Only)

Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id

 



Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan supervised by: