IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Thoriq Tri Prabowo

Abstract


This research is aim to understanding the level of UIN Sunan Kalijaga Library in implementing knowledge management. This type of research is a quantitative descriptive. This research is a population research, because it engages all of UIN Sunan Kalijaga Librarians as the respondents. Total of the respondents are 21 librarians.To collect the data the researcher uses the questionnaire, and also uses the nonparticipant observation, interviews, and the documentation to understand deeper abou the research object. Likert scale is used to measure the data, the researcher uses mean and grand mean formulas to analyze the data. The result of the research shows that the level of UIN Sunan Kalijaga Library in implementing knowledge management is high. But, from the this research also understood that there is an indicator need to be increased because the score is lower than the mean, it is “learning” indicator.One of interesting phenomena is about the librarians education background. The librarians which graduated from non library and information science (LIS) could implement knowledge management better than the librarians which graduated from LIS.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat implementasi manajemen pengetahuan yang dilakukan oleh pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah populasinya hanya 21 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Untuk mengetahui lebih dalam kondisi di lapangan digunakan juga observasi nonpartisipatif, wawancara dan dokumentasi. Pengukuran data dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Analisis data dalam penelitian ini merupaan analisis deskriptif, yaitu menggunakan mean dan grand mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Impementasi manajemen pengetahuan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga masuk dalam tingkat yang tinggi.Dari hasil penelitian ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan, yaitu indikator yang mem- peroleh skor di bawah rata-rata yaitu indikator learning. Salah satu temuan yang menarik adalah tingkat implementasi manajemen pengetahuan pustakawan yang berlatar belakang pendidikan formal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI) justru lebih rendah daripada pustakawan yang bukan berlatar belakang pendidikan formal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI).

 


Keywords


Manajemen pengetahuan, kompetensi pustakawan, perpustakaan perguruan tinggi, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

Full Text:

PDF

References


Akli, Z. (2012). Orasi Ilmiah Pengukuhan Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional RI: Strategi Pemberdayaan Pustakawan dalam Mewujudkan Layanan Prima di Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Aldi, B. E. (2005). Menjadikan Manajemen Pengetahuan Sebagai Keunggulan Kompetitif Perusahaan Melalui Strategi Berbasis Pengetahuan. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, 58-68

Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hadna, I. N. (2014). Guide Book Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta: Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Kurniawati, S. (2012). Model Penerapan Knowledge Management pada BUMN Penyelenggara Bisnis Jasa Komunikasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, 285-300

Lumbantobing, P. (2011). Manajemen Knowledge Sharing Berbasis Komunitas. Bandung: Knowledge Management Society Indonesia

Purwono. (2013). Profesi Pustakawan Menghadapi Tantangan Perubahan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Qalyubi, S. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Ralph, L. L. (2008). An Investigation of a Knowledge Management Solution for Reference Services. Florida: Graduate School of Computer and Information Sciences Nova Southeastern University

Rodin, R. (2013). Penerapan Knowledge Management di Perpustakaan: Studi Kasus di Perpustakaan STAIN Curup. Khizanah Al-Hikmah, 35-46

Simamora, B. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Suhartika, I. P. (2004). Implementasi Teknologi Informasi Sebagai Usaha Peningkatan Mutu Layanan Perpustakaan. Visi Pustaka, 11-14.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v4i2.9970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan



 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:

 

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi d.h. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62 813-1323-7581 (Chat Only)

Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id

 



Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan supervised by: