Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah

Ike Junita Triwardhani, Wulan Trigartanti, Indri Rachmawati, Raditya Pratama Putra

Abstract


Membangun kegiatan belajar mengajar yang efektif di sekolah memerlukan peran guru, anak dan juga orang tua. Komunikasi yang efektif dapat menjamin berlangsungnya interaksi antara guru, siswa, dan orang tua secara optimal. Penelitian ini memilih Sekolah Dasar Tunas Unggul sebagai kasus penelitian. Sekolah ini memiliki konsep yang kreatif dan inovatif dengan memandang pentingnya keterlibatan orangtua dalam pendidikan di sekolah, dengan cara yang unik sekolah mengembangkan metode yang diberi nama My Conference dimana dengan metode tersebut keterlibatan orang tua secara aktif dalam pendidikan disekolah dapat terbangun dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus yang pengamatannya terpusat pada komunikasi yang dilakukan guru untuk membangun keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan di sekolah. Merumuskan pola komunikasi yang dilakukan guru dalam membangun keterlibatan orang tua menjadi tujuan dari penelitian ini. Dimulai dengan memetakan bagaimana guru menerjemahkan kurikulum untuk anak, kemudian mengembangkan strategi komunikasi dalam membangun keterlibatan orangtua. Guru menerjemahkan kurikulum dengan berbagai cara yang menarik. Kemampuan memahami materi, berdiskusi, menjawab pertanyaan sampai pada mengelola berbagai kegiatan pembelajaran. Kemampuan menciptakan berbagai program yang mensyaratkan keterlibatan orang tua dalam berbagai kegiatan anak di sekolah menjadi wadah komunikasi yang menarik. Pola komunikasi guru dalam membangun keterlibatan orang tua di sekolah terbentuk karena ketertarikan orang tua terhadap berbagai program belajar dan kehadiran disekolah dengan semangat karena memang menarik, merasa nyaman dan adanya kebutuhan untuk mengikuti dan mendorong program belajar anak.


Keywords


Komunikasi; Guru; anak; pendidikan anak; orang tua

Full Text:

PDF

References


Astiti, P., Suminar, J. R., & Rahmat, A. (2018). Konstruksi identitas guru bimbingan konseling sebagai komunikator pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 1–0. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1

Axelsson, K., Hägglund, S., & Sandberg, A. (2015). Entrepreneurial learning in education preschool as a take-off for the entrepreneurial self. Journal of Education and Training, 2(2), 40–58. https://doi.org/10.5296/jet.v2i2.7350

Chandran, R., & Ariffin, M. Y. M. (2015). Beyond arbitrary labels: understanding ethnic identity development among chindians. SEARCH: The Journal of the South East Asia Research Centre for Communications and Humanities, 7(2), 1–17.

Christianti, M., Cholimah, N., & Suprayitno, B. (2015). Development of entrepreneurship learning model for early childhood. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(3), 65–70.

DeVito, J. A. (2012). The interpersonal communication book (13th ed.). New York: Pearson.

Fuglsang, L. (Ed.). (2008). Innovation and the creative process: towards innovation with care. Cheltenham: Edward Elgar Publishing Limited.

Nauta, F., Jong, J. de, & Cels, S. (2012). Agents of change: strategy and tactics for social innovation. Virginia: Brookings Institution Press.

Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall footprint and biocapacity analysis for flooding prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.

Rini, Y. S. (2014). Komunikasi orang tua-anak dalam pengambilan keputusan pendidikan. Jurnal Interaksi, 3(2), 112–122.

Triwardhani, I. J. (2011). Komunikasi anak di sekolah inklusif: sebuah telaah etnografi komunikasi. Bandung: Unpad Press.

Triwardhani, I. J., & Chaerowati, D. L. (2019). Interpersonal communication among parents and children in fishermen village in Cirebon Indonesia. Malaysian Journal of Communication, 35(2).

Wisman, Y. (2017). Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2).

Yin, R. K. (2009). Studi kasus: desain dan metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Yu, F.-L. T. (2009). A dynamic model of the entrepreneurial process: a human agency perspective. International Journal of Innovation and Learning, 6(3).




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Ike Junita Triwardhani, Wulan Trigartanti, Indri Rachmawati, Raditya Pratama Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.idjurnalkajiankomunikasiunpad@gmail.com


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by:

https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/ https://dispendukcapil.kedirikota.go.id/gambar/raffi/ https://bahkapulajjah.pematangsiantar.go.id/xdemo/ https://dispendukcapil.kedirikota.go.id/gambar/demo/ sule slot toto slot https://sieni.dinamika.ac.id/codebase/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/slothoki/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/usutoto/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/slot88/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/akurat77/ https://appem.kuningankab.go.id/toto-slot/ https://appem.kuningankab.go.id/toto4d/ https://appem.kuningankab.go.id/slot777/ https://appem.kuningankab.go.id/slot88/ https://appem.kuningankab.go.id/slothoki/
https://www.store.smkind-mm2100.sch.id/ sule slot situs slot toto slot https://edatabase.dpmptsp.riau.go.id/demo/ https://www.kideco.co.id/wp-content/slot88/ https://appem.kuningankab.go.id/slot-gacor/index.html slot online https://appem.kuningankab.go.id/public/s-demo/ https://igtc-indo.or.id/xgaming/ slot online gacor https://simanis.jayawijayakab.go.id/vendor/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/xgaming/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/raffi/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/sule/