LITERASI MEDIA SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI TIM SUKSES RELAWAN PEMENANGAN PEMILIHAN PRESIDEN JOKOWI JK DI BANDUNG

Annisa Senova

Abstract


Memahami kegiatan literasi media yang terjadi dalam kehidupan berorganisasi akan memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan mengidentifikasi, menentukan, mengorganisir, dan menggunakan media, serta menjadikan informasi sebagai bahan pertimbangan pembuatan keputusan tim sukses relawan pemenangan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla di Bandung. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menemukan kegiatan literasi media sebagai strategi komunikasi tim sukses relawan pemenangan pemilihan presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan triangulasi data sumber. Media sosial menjadi media utama dalam proses penyampaian pesan kepada khalayak di kota Bandung. Terdapat beberapa jenis media sosial yang akan digunakan secara rutin dalam proses tersebut, yaitu Twitter, Facebook, Instagram, dan Youtube. Namun, timses relawan media sosial hanya fokus kepada dua jenis media sosial yang dianggap dapat mempengaruhi pandangan publik. Twiter dan Instagram dianggap mampu menjadi jejaring sosial yang efektif dalam proses penyampaian pesan politik pemilu 2014. Penyampaian informasi oleh timses relawan media sosial kepada masyarakat melalui Twitter dan Instagram dianggap sangat efektif dan tepat. Konten-konten yang disediakan oleh akun Twitter sangat mudah untuk diakses oleh semua kalangan. Penelitian tantang proses literasi media tim sukses relawan pemenangan presiden Jokowi-Jk ini dapat menambah masukan bagi ilmu komunikasi, terutama dalam bidang literasi media, bahwa saat ini keberadaan media dapat menjadi sebuah strategi komunikasi yang cukup efektif.

 

DOI: 10.24198/jkk.vol4n2.3


Keywords


Literasi media, komunikasi politik, strategi komunikasi, manajemen reputasi, tim sukses relawan

Full Text:

PDF

References


Alhanin, S. (2009). Modul I: konsep dasar teoritis: komunikasi, informasi, dan perpustakaan. Diakses dari https://simfonikehidupan.wordpress.com/2009/05/10/modul-i-konsep-dasar-teoritis-komunikasi-informasi-dan-perpustakaan

Baran, S. J. (2011). Pengantar Komunikasi massa: literasi media dan budaya.Jakarta: Salemba Humanika.

Basrowi & Sukidin. (2008). Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, S. (2013). Literasi informasi dan literasi digital. Diakses dari https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/literasi-informasi-dan-literasi-digital/

Bland, michael., Theaker, A., & Wragg, D. (2001). Hubungan media yang efektif.Jakarta: Erlangga

Briggs, A. & Burke, P. (2005). A sosial history of the media: from gutenberg to Internet. Cambridge: Polity Press.

Budiarti, R. T. & Huda, M. (2013). Himpunan peraturan perundang-undangan bidang pemilu. Jakarta: Konstitusi Press.

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan strategi komunikasi. Depok: Rajagrafindo Persada.

Efriza. (2008). Ilmu politik: dari ilmu politik sampai sistem pemerintahan. Bandung: Alfabeta.

Endraswara, S. (2009). Metodologi penelitian kebudayaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hasan, E. (2005). Komunikasi pemerintahan. Bandung: Refika Aditama.

Kamaruzzaman. (2015). Teori agenda setting dan framing dalam ilmu komunikasi massa. Diakses dari http://www.academia.edu/12033610/teori_agenda_setting_dan_framing_dalam_ilmu_komunikasi_massa

Moleong, L. J. (2004). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mulyana, D. (2001). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nimmo, D. (1989). Komunikasi politik: khalayak dan efek. Bandung: Remadja Karya Offset.

Nimmo, D (1989). Komunikasi politik: komunikator, pesan, dan media.Terjemahan: Tjun Surjaman. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pace, R. W. & Faules, D. F. (2001). Komunikasi organisasi: strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Terjemahan: Deddy Mulyana. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pawito. (2009). Komunikasi politik: media massa dan kampanye pemilihan. Yogyakarta: Jalasutra.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ross, L. G. (2008). Corporate reputation. New Jersey: Jhon Wiley & Sons,Inc.

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tamburaka, A. (2013). Literasi media: cerdas bermedia khalayak media massa.Depok: Rajagrafindo Persada.

Wasesa, S. A. (2011). Political branding public relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yin, R. K. (2008). Studi kasus: desain dan metode. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Yulk, G. (2001). Leadership in organization. New Jersey: Prentice-Hall




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v4i2.7411

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Komunikasi

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Jurnal Kajian Komunikasi

Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6281321470093 (Chat Only)

Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jurnalkajiankomunikasiunpad@gmail.com


 

Creative Commons License
Jurnal Kajian Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: