PENGALAMAN KOMUNIKASI PELAKU BISNIS KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN BISNIS KULINER DI KOTA SUKABUMI

Rima Nurani Sukma, Suwandi Sumartias, Nuryah Asri Sjafirah

Abstract


Keluarga sebagai sistem lebih bersifat emosional, karena disatukan oleh ikatan mendalam yang mempengaruhinya dalam berbisnis. Komunikasi bisnis keluarga memiliki hubungan yang erat dengan pertentangan, perbedaan serta penolakan pendapat atau ide, ketidakpercayaan antara sesama anggota, bahkan memicu konflik. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi. Penentuan sumber data penelitian, menggunakan teknik purposive dengan 5 informan yang mengelola bisnis keluarga dibidang kuliner yang telah berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motif-motif yang mendorong pelaku melakukan bisnis keluarga, mendeskripsikan makna komunikasi bisnis keluarga serta mendeskripsikan aktivitas komunikasi bisnis yang dilakukan oleh pelaku bisnis keluarga dalam menjalankan bisnis kulinernya. Hasil penelitian ini adalah motif yang mendorong pelaku untuk melakukan bisnis keluarga diantaranya: motif kepatuhan (obedience motive), motif aktualisasi diri (self actualization motive), motif ekonomi (economic motive) dan motif bakat (aptitude motive). Makna komunikasi bisnis keluarga bagi pelaku adalah sebuah tantangan dan kepatuhan. Makna yang dikonstruksi tersebut, dapat dinetralisir dengan melakukan obrolan ringan, pertemuan bisnis keluarga, rapat keluarga yang dapat menghasilkan beberapa point, seperti pengambilan keputusan yang dapat dilakukan secara diskusi dan professional, melakukan pelaporan kegiatan bisnis, dan pemecahan dari perbedaan pendapat bahkan konflik. Aktivitas Komunikasi pelaku bisnis keluarga mencakup promosi, membangun hubungan dengan karyawan, supliyer dan memfasilitasi pelanggan restoran dengan acara karaoke, happy hours, nonton bareng, serta membina hubungan dengan partner bisnis dengan membangun perjanjian kerjasama pembukaan cabang baru.

 

DOI: 10.24198/jkk.vol4n1.3 


Keywords


Komunikasi bisnis, keluarga, pengalaman, bisnis keluarga, fenomenologi

Full Text:

PDF

References


Cresweel, J. W. (2014). Penelitian kualitatif & desain riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Collin, P. H. (2002). Dictionary of law, Third edition, Peter Collin Publishing.

Donnelley, R. G. (2002). The family business. In Family Business Sourcebook by Craig E. Aronoff, Joseph H. Astrachan, and John L. Ward (eds). 3rd edition. 2002.

Friendly. (2002). Komunikasi dalam keluarga. Jakarta: Family Altar

Gurbuz, G. & Aykol, S. (2008). Entrepreneurial intentions of young educated public in turkey. Journal of Global Strategic Management, 4(1): 47-56.

Hollensen, S. (2003). Marketing management a relationship approach. New Jersey: Pearson Education Limited – Prentice Hall Inc.

Istiani, A. N. (2015). Konstruksi Makna Hijab Fashion Bagi Moslem Fashion Blogger. Jurnal kajian komunikasi. Diakses dari http://journal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7393/3396.

Kartono, K. (1997). Patologi sosial jilid 5. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Kuswarno, E. (2013). Fenomenologi. Bandung: Penerbit Widya Padjadjaran.

Munir. (1994). Hukum bisnis. Bandung: Citra Aditya Bhakti.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Schutz, A. (1970). On Phenomenology and social relations. Chicago: The University of Chicago Press.

Semiawan, C. & Utami, M. (1992). Memupuk bakat dan kreativitas siswa menengah, Jakarta: Gramedia.

Slamet, B. (2007). Psikologi umum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sobur, A. (2013). Filsafat komunikasi, tradisi dan metode fenomenologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v4i1.7853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Komunikasi

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Jurnal Kajian Komunikasi

Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6281321470093 (Chat Only)

Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jurnalkajiankomunikasiunpad@gmail.com


 

Creative Commons License
Jurnal Kajian Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: