HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN MOTIVASI WIRAUSAHA PEBISNIS DARING (ONLINE) DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

Yasundari Yasundari

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah hubungan antara penggunaan media sosial Instagram dengan motivasi wirausaha pebisnis daring pada komunitas SFS Family dalam meningkatkan produktivitas. Metode penelitian yang digunakan adalah survei eksplanatori dengan teknik analisis data inferensial. Teknik pengambilan data berupa kuesioner (angket), wawancara, observasi, dan studi pustaka. Kuesioner dibagikan kepada sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 orang dengan teknik pengukuran menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Instagram memiliki hubungan yang signifikan cenderung kuat dengan motivasi wirausaha pebisnis daring pada komunitas SFS Family. Penggunaan media sosial Instagram memiliki hubungan yang signifikan cenderung sedang dengan peningkatan produktivitas. Motivasi wirausaha pebisnis daring pada komunitas SFS Family memiliki hubungan yang signifikan cenderung cukup sedang dengan peningkatan produktivitas. Saran bagi pebisnis daring anggota SFS Family, agar dapat lebih kompak dan memaksimalkan penggunaan media sosial Instagram dan lebih berhati-hati dengan cybercrime yang sangat rentan di transaksi dunia daring.

Keywords


Media sosial, motivasi, bisnis, produktivitas, wirausaha

Full Text:

PDF

References


Muhidin, A. S. & Abdurahman, M. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian, Bandung: Pustaka Setia.

Alma, B. (2002). Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

Ardial, H. (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ardianto, E, Komala, K & Karlinah, S. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Blumer, J. G. & Elihu, K. (1974). The Uses of Mass Communications;Current Perspectives on Gratifications reasearch, London: Sage Publications.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Jo Kim, A. (2000). Community Building on Web. Berkeley: Peachpit Press.

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Prenhallindo.

Littlejohn, Stephen, W. & Karen, A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory, California: Sage Publications, Inc.

McQuail, D. (1987). Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar Edisi Kedua, Jakarta: Erlangga.

McQuail, D. (1996). Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar Edisi Keenam, Jakarta: Erlangga.

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurudin, (2011). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana Persada.

Rachmat, K. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media.

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Severin, W. J & Tankard, J. W. (2001). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan di dalam Media Massa;Edisi Kelima. Jakarta: Kencana.

Singarimbun, Masri & Effendi, S. (1995). Metode Penelitian Survai. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Turner, W. & Lynn, H. T. (2012). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Qashmal, Zaim, & Ahmadi, D. (2015). Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Pembentukan Citra Diri. Jurnal. Bandung: Universitas Islam Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v4i2.7737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Yasundari Yasundari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.idjurnalkajiankomunikasiunpad@gmail.com


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: