Pelaksanaan Strategi Bauran Eceran pada Pasar Baru Kota Bandung ( Survei pada pedagang Pakaian jadi Wanita)

Ria Arifianti

Abstrak


Bisnis ritel merupakan suatu kegiatan dalam transaksi penjualan barang atau jasa. Dalam hal ini pelakunya adalah Penjual dan Konsumen . Dalam pelaksanaannya banyaknya ritel bermunculan baik secara tradisional dan modern di kota-kota besar khususnya Bandung.  Bandung merupakan kota jasa yang menekankan jasa perdagangan. Hal ini dilakukan berkaitan dengan tujuan dibangunnya kota sebagai kota wisata.

Metode  penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah studi literature dan studi lapangan. Studi lapangan menggunakan observasi, dan wawancara. Teknik penarikan sampel menggunakan  purposive   random sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar baru telah melakukan strategi bauran eceran. Tetapi  dalam pelaksanaannya masih banyak hambatan-hambatan atau keluhan-keluhan yang dirasakan konsumen. Keluhan tersebut seperti barang yang mudah luntur, lokasi kios yang rumit dan adanya perbedaan harga antara pembeli banyak dan tidak.

Saran yang   diajukan   adalah   para   pedagang   dalam menentukan harga yang tepat  tidak  saja didasarkan keuntungan semata, tetapi dipertimbangkan pula daya beli masyarakat. Misalnya harga yang ditawarkan murah dan terjangkau. Fasilitas yang disediakan di tambah, dan tidak adanya pembedaan pembayaran seperti fasilitas kredit atau kartu kredit dapat diberikan untuk semua orang yang berbelanja tanpa membedakan apakah berbelanja dalam jumlah eceran atau partai besar.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.