Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Teknotan?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PANDUAN BAGI PENULIS PAPER JURNAL TEKNOTAN

Tujuan dan Lingkup Ilmu: Jurnal Teknotan (keteknikan dan teknologi pertanian mencakup semua bidang ilmu pertanian dalam arti luas (pertanian/peternakan/perikanan/kehutanan) yang berkaitan dengan teknologi pra-panen, pascapanen, pangan, industri dan manajemen industri pertanian. Secara khusus jurnal ini berfokus pada perkembangan ilmu dan penerapannya dalam konteks pembangunan dengan tujuan untuk menyebar-luaskan, baik ide-ide konseptual maupun hasil-hasil penelitian

Tata Cara Penyampaian Naskah: penulis mengirimkan naskah dalam bentuk file elektronik dikirimkan setiap waktu langsung kepada: Redaksi Jurnal Teknotan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran, kampus Unpad Jatinangor, Bandung 40600, Telp./Facs/ +62 22 7795780, melalui email: j.teknotan@gmail.com, dengan melampirkan surat pernyataan orisinalitas naskah, belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses penerbitan pada jurnal lain. Setelah proses review oleh mitra bestari, naskah yang diterima untuk dimuat di dalam Jurnal Teknotan, dikembalikan ke penulis via email untuk direvisi. Hasil revisi segera dikirimkan kembali ke Redaksi melalui email tersebut di atas.

Format: Naskah ditulis di format kertas A-4 dengan menggunakan huruf Times New Romans, font 12. Batas tiap halaman kiri-kanan dan atas-bawah 3 cm, dengan jarak anatar baris 1,5 spasi. Maksimum 15 halaman termasuk Tabel, Gambar dan lampiran.

Sub judul dicetak tebal dengan huruf besar, tidak diberi nomor. Sedang penomoran sub-sub judul disetak tebal, hanya hurug pertama dengan huruf besar. Sub-sub-sub judul dapat diberi nomor (disesuaikan). Naskah dapat ditulis dalam bahas indonesia atau bahasa inggris dalam kaedah bahasa yang baik dan benar.

Sistematika: Judul, Abstrak, Atribut, Pendahuluan, Metodologi, Hasil & Pembahasan, Kesimpulan & Saran, Daftar Pustaka.

Judul : Ringkas, jelas dan menunjukan adanya kajian/analisis terhadap masalah/topik yang dikaji.

Atribut: Nama & Institusi penulis, alamat kontak (telp. /Facs./email). Ditulis di bawah judul.

Abstrak : Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jarak antar baris 1 (satu) spasi; ditulis dalam satu paragraph (150-200 kata) yang mencakup: Konsep yang dikaji, Problem yang terkait dan Solusi / solusi alternatif (untuk ide-ide konseptual) atau, Masalah, Metode dan Hasil(untuk hasil penelitian).

Kata Kunci : ditulis terpisah 1,5 spasi di bawah abstrak, kata/ istilah / pengertian yang penting.

Pendahuluan: merupakan analisis situasi mengenai masalah yang dikaji, yang ditunjang oleh referensi relevan dan menjustifikasi mengapa masalah ini perlu ditelaah dan untuk apa.

Metodologi : penjelasan singkat mengenai di mana lokasi masalah yang dikaji, kapan dilaksanakan pengkajian, bahan atau instrumen apa yang digunakan dan metode apa yang digunakan untuk memecahkan masalah.

Hasil & Pembahasan pemaparan hasil secara runtut dan komprehensif yang mengarah kepada pemecahan masalah yang dikaji.

Kesimpulan: kesimpulan ditulis singkat, jelas dan sistematik sesuai dengan runtutan pemaparan dalam hasil & Pembahasan dan menjawab masalah yang dikaji.

Ucapan Terimakasih (opsional, bila ada dan perlu dicantumkan).

Daftar Pustaka: sistematika penulisan daftar pustaka sesuai dengan system nasional yang berlaku atau system Internasional (Dewey system). Contoh untuk buku teks: Nama Penulis/pengarang. Tahun. Judul Buku (italic). Penerbit. Tempat penerbitan. Halaman yang disitir. Contoh untuk Jurnal:Nama penulis/pengarang. Tahun. Judul artikel dalam jurnal. Nama jurnal (italic). Edisi/Volume/Nomor jurnal. Penerbit, tempat penerbitan, halaman di mana artikel bersangkutan dicantumkan. Untuk sumber referensi dari internet: Nama penulis. Tahun. Judul. website. Tanggal pengadopsian artikel dari website.

Lampiran (opsional, bila ada dan perlu dicantumkan).

Catatan: Direncanakan mulai Edisi Jurnal Teknotan Vol. 5 No. 1 – Januari 2010:

Penulis akan memperoleh 1 eksemplar Jurnal utuh dan 5 eksemplar Re-prints Biaya penerbitan per naskah, Harga langganan per Volume (3 Nomor) dan Harga satuan per nomor akan diumumkan pada waktunya. Pemesanan melalui email: j.teknotan@gmail.com Fax: 022-7795780 atau pos dialamatkan ke Redaksi Jurnal Teknotan FTIP UNPAD Kampus Jatinangor, Bandung 40600.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal yang sudah disebutkan dan tidak akan dibuat tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.