2010

Halaman Sampul

Vol 4, No 2 (2010)

Assalamu’alaikum wr. Wb

Alhamdulillah, sejak vakum 5 periode penerbitan (Sept 2008; Jan 2009; Mei 2009; Sept 2009 dan Jan 2010), Jurnal Teknotan telah dapat diterbitkan dan diedarkan kembali (Vol. 4 No. 1  - Mei 2010) dengan tiras 150 eksemplar yang semula hanya 100 eksemplar. Terima kasih atas penyediaan dana dari penerbit dan kontribusi para penulis, mitra bestari serta para pengelola Jurnal yang telah bekerjasama dengan baik.

Pada penerbitan Jurnal Vol 4 No 1 – Mei 2010 lalu (halaman 209 s/d 294), redaksi baru berhasil menghimpun dan menyiapkan 8 dari 10 naskah yang layak dipublikasikan di  dalam jurnal dengan sebaran yang juga masih didominasi oleh bidang teknologi pangan (5 naskah) dibandingkan dengan bidang teknik pertanian (3 naskah) seperti yang selama ini terjadi pada penerbitan-penerbitan terdahulu. Bukan saja karena masalah teknis dan waktu, tapi juga karena belum terpenuhinya quota naskah yang sampai ke meja redaksi.

Namun pada penerbitan Jurnal Teknotan Vol 4 No. 2 – September ini, kami berhasil menghimpun 10 naskah, sesuai dengan rencana. Kali ini disajikan komposisi naskah yang seimbang, yaitu 5 naskah bidang teknologi pangan dan 5 naskah bidang teknik pertanian.

Walaupun demikian, redaksi secara konsisten menghimbau para penulis dan peneliti dari semua institusi dan stake holdersterkait untuk terus dan rajin mengirimkan naskah-naskah ilmiahnya yang ingin dipublikasikan. Karena dengan begitu, selain redaksi dapat lebih mudah merancang naskah yang berimbang untuk penerbitan-penerbitan berikutnya.

Pada penerbitan ini, cara dan prosedur pengiriman naskah telah kami selenggarakan lebih praktis, lebih cepat dan lebih hemat biaya (kertas, tinta, pos) melalui fasilitas internet, sehingga proses review dan revisi menjadi jauh lebih singkat, di mana penulis cukup mengirimkan naskahnya dalam bentuk file elektronik ke Redaksi Jurnal Teknotan melalui email:jurnal.teknotan@yahoo.com berserta pernyataan orisinalitas naskah dan  belum atau tidak sedang dalam proses penerbitan di media lain

Semoga seiring dengan perjalanan waktu, kinerja penerbitan sedikit demi sedikit dapat ditingkatkan. Memang tidak mudah, namun itulah yang harus dan akan terus dilakukan.

Catatan akhir, Volume 4 hanya terdiri dari 2 (dua) dari 3 (tiga) nomor penerbitan, karena Jurnal Teknotan baru aktif terbit kembali pada bulan Mei. Jadi Penerbitan berikutnya adalah Vol. 5 No. 1 akan terbit bulan Januari 2010. Insya Allah.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Dewan Redaksi


1 - 23 of 23 Item