Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Dharmakarya?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Jurnal Dharmakarya 

Jurnal Dharmakarya merupakan jurnal pengembangan dan penerapan IPTEKS yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan atau pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya implementasi dari hilirisasi hasil-hasil penelitian.

Petunjuk Bagi Calon Penulis Jurnal Dharmakarya

Naskah merupakan aplikasi IPTEKS dan penerapan gagasan inovatif pada pelasanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang belum pernah atau tidak dalam sedang proses untuk dipublikasikan pada jurnal lain (diperkuat dengan surat pernyataan).

Abstrak (Abstract) ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, disertai kata kunci, maksimum lima kata. Panjang abstrak maksimum 250 kata. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia. Naskah diketik dengan dengan pengolah kata MS Word, huruf Times New Roman, ukuran 10pt, spasi 1, dicetak pada kertas A4. Panjang naskah antara 10 hingga 15 halaman.

Sistematika penulisan artikel meng ikuti urutan sebagai berikut.

  1. Judul dan Subjudul Artikel
  2. Nama dan Institusi Penulis
  3. Abstract (inggris) dan Abstrak (Indonesia)
  4. Pendahuluan
  5. Metode
  6. Hasil dan Pembahasan
  7. Simpulan
  8. Ucapan Terima Kasih (Jika Ada)
  9. Daftar Pustaka


Penjelasan setiap komponen dari struktur dasar artikel diuraikan berikut ini:

  1. Judul Artikel dan Sub Judul (Jika Ada)

          Merefleksikan sumber inspirasi PPM yang ditangani, jika diperlukan dapat mencantumkan lokasi kegiatan. Panjang kata maksimal 15 kata. Subjudul artikel merefleksikan informasi tambahan yang mendukukung judul artikel. Panjang kata maksimal 20 kata.

  1. Nama, Institusi Penulis, Korespondensi

             Tuliskan nama penulis utama (diletakkan paling depan dan berhuruf tebal (bold)), diikuti nama anggota tim lainnya. Nama penulis ditulis tanpa gelar. Jika anggota tim berasal dari PT berbeda, cantumkan identitas institusi masing-masing, misalnya:

 

I Ketut Triskana1, I Made Tirtaguna2, I Nyoman Maskara3

1Universitas Padjadjaran

2Universitas Pendidikan Indonesia

3Universitas Brawijaya

*Korespondensi: cantumkan alamat e-mail penulis utama

 

1. Abstrak/Abstract

Abstrak (Indonesia) dan Abstract (Inggris) secara gamblang dan utuh menampilkan seluruh esensi tulisan; terdiri dari satu paragraph dengan spasi satu, menggunakan font Times New Roman 10pt, maksimal 250 kata,  disertai 3 (tiga) sampai 5 (lima) kata kunci Abstrak ditulis tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil dan pembahasan, dan simpulan. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah.

2. Pendahuluan
  • Menguraikan tentang Fakta-fakta yang menginspirasi dan menjadi fokus pelaksanaan kegiatan PPM; dapat berupa tantangan institusi perguruan tinggi, persoalan atau kebutuhan usaha kecil/menengah, pemberdayaan masyarakat, penerapan teknologi tepat guna.
  • Kondisi eksisting sumber daya usaha kecil/menengah, masyarakat atau PT.
  • Upaya-upaya yang pernah diterimakan pihak lain kepada usaha kecil/menengah, masyarakat atau PT.
  • Tujuan utama kegiatan.
3. Metode

Menguraikan teknik atau cara menyelesaikan tantangan, persoalan atau kebutuhan pokok yang menjadi target kegiatan atau kesepakatan bersama. Memilih salah satu metode atau kombinasi dua atau beberapa metode berikut:

  1. Pendidikan Masyarakat: Untuk kegiatan a) training seperti in-house training; b) continuing education; c) training penyegaran keilmuan, d) penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman (misalnya dalam bidang hukum, agama, peraturan) sehingga menyadarkan masyarakat akan adanya kemungkinan kesalah pahaman
  2. Konsultasi: Untuk kegiatan dimana persoalan atau kebutuhan usaha kecil/ menengah atau masyarakat diselesaikan melalui jasa konsultasi dengan PT
  3. Difusi Ipteks: Untuk kegiatan yang menghasilkan produk bagi konsumen baik internal maupun eksternal PT
  4. Pelatihan: Untuk kegiatan yang melibatkan a) penyuluhan tentang substansi kegiatan, diikuti dengan  demonstrasi  untuk mengkonstruksikan  atau merealisasikannya; b) melatih mengopera- sikan sistem atau peralatan yang dihibahkan; c) atau kegiatan untuk membentuk kelompok wirausaha baru, d) PT yang menawarkan jasa layanan bersertifikat kepada masyarakat
  5. Mediasi: Untuk kegiatan a) pelaksana PPM dalam kegiatannya menempatkan diri sebagai penengah atau mediator dari pihak-pihak yang bertikai; b) atau bersama-sama masyarakat menyelesaikan persoalan yang memerlukan jasa institusi pemerintah atau swasta
  6. Simulasi Ipteks: Untuk kegiatan dimana karya utamanya adalah sistem informasi atau sejenisnya yang bertujuan guna menjelaskan tentang sesuatu yang tidak dapat dilakukan sebagaimana seharusnya secara fisik atau nyata
  7. Substitusi Ipteks: Untuk kegiatan yang mena- warkan ipteks baru, lebih modern dan efisien kepada usaha kecil/ menengah, masyarakat dengan menggantikan penguasaan ipteks lama

 Teknik Pengumpulan dan Analisis Data

4. Hasil dan Pembahasan

Hasil dan Pembahasan berisi satu kesatuan antara hasil dan pembahasan kegiatan yang dilakukan. Hasil dan pembahasan ditulis dengan font Times New Roman 11. Isi hasil dan pembahasan mencakup pernyataan, tabel, diagram, grafik. Bagian ini berisi sub-bahasan utama Sub-bahasan ditulis secara sistematis. Tabel, gambar, grafik, diagram diberi nomor, judul (caption), dan cantumkan sumber informasinya. Gambar harus asli dan jelas dan merupakan satu kesatuan dengan file naskah (bukan tempelan). Tabel/gambar/diagram/grafik maksimal enam buah. Resolusi gambar 300dpi format BW (Black White).

5. Simpulan

Isi simpulan ditulis Times New Roman 11. Simpulan merupakan ikhtisar dari kegiatan yang telah dilakukan dan bukan merupakan ringkasan dari hasil pembahasan yang mengacu pada teori tertentu.

6. Ucapan Terima Kasih (Jika Ada)

Ucapan terimakasih bersifat optional (jika ada), ditulis satu paragraf dengan font Times New Roman 11.

7. Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis mengikuti model APA (American Psychological Association) Style. Jumlah sumber rujukan yang dijadikan daftar pustaka literatur ilmiah (80% referensi primer dan 20% referensi sekunder). Sumber referensi primer, seperti: jurnal, laporan penelitian, dan makalah prosiding. (penyitiran jurnal Dharmakarya minimal 2 sitiran). Sumber referensi sekunder, seperti: buku, skripsi, tesis, disertasi, dan sumber internet. Sebaiknya penulisan kutipan menggunakan aplikasi reference manager Mendeley.

Contoh:

Conyers, D. (1994). Perencanaan Sosial di Dunia Ketiga: Suatu Pengantar, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Subroto, E., Tensiska, dan Indiarto. R. (2014). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan dalam upaya Mendukung Ketahanan Pangan di Desa Girijaya dan Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Dharmakarya. 13 (1) 1-4.

Alam, A. (2010). Perpustakaan Tempat Belajar Sepanjang Hayat. Media Indonesia, Jakarta: Kamis, 7 Oktober: hlm.1, kolom 2.

Suwahyono, N. (2004). Pedoman Penampilan Majalah Ilmiah Indonesia. Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah, LIPI.

Wijana, I.D.P. (2007). Bias Gender pada Bahasa Majalah Remaja. Tesis, Fakultas Ilmu Budaya. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

 

petunjuk penulisan ini dapat di unduh disini

PENYERAHAN NASKAH

Bagi civitas akademika Universitas Padjadjaran, lakukan registrasi online pada alamat http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/user/register. Klik tombol PAus Login pada bagian kanan laman, pilih Daftar sebagai: Penulis. Selanjutnya, unggah file artikel dalam bentuk .doc (MS Word office 2003-2007) pada link [Penyerahan Naskah Baru]. Berilah centang pada isian Checklist naskah untuk menunjukkan bahwa naskah yang akan diunggah sudah mengikuti panduan. Jika sudah, klik Simpan dan lanjutkan. Di tahap ini klik Browse dan pilih file artikel yang akan dikirmkan untuk Jurnal dharmakarya. Klik Unggah. Klik Simpan dan lanjutkan. Selanjutnya, isi form yang ada hingga Penyerahan Selesai.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah belum pernah dikirimkan dan diterbitkan ke media publikasi lainnya. 

     

  2. Naskah sudah harus disesuaikan dengan Template jurnal Dharmakarya 
  3. naskah dibuat dalam format file dokumen Microsoft Word
  4. Daftar pustaka diupload dalam format yang sudah disediakan
  5. naskah dibuat dengan format: jarak 1 spasi; font 10; huruf: times new romans; jika italic, maka tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); penomoran diletakkan di atas ilustrasi, figur, dan tabel. disertai dengan sumber gambar atau tabel Contoh: tabel/gambar 1. .....
  6. Teknik sitasi menggunakan format A.P.A
  7. Naskah akan melalui proses blind review

  8. Semua naskah ditelaah oleh penyunting ahli (reviewers) menurut bidang kepakarannya. Penulis melakukan revisi berdasarkan masukan dari penyunting ahli. Kepastian pemuataan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

  1. Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
  2. Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal Dharmakarya dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
  3. Setiap terbitan Jurnal Dharmakarya, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.

 

Pernyataan Privasi

Penulis dan editor akan saling menjaga privasi satu sama lain guna menghindari segala bentuk pelanggaran hak cipta, seperti duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.

Naskah artikel ini adalah asli karya penulis yang belum pernah dipublikasikan di jurnal (media) manapun. Dalam naskah artikel penulis harus mengutip (sitasi) tulisan yang dimuat dalam jurnal Dharmakarya. Jika terdapat duplikasi penerbitan, naskah akan dicabut/dihapus oleh dewan redaksi